“Doa untuk Kegelisahan dan dililit hutang”

Aku dulu…..tidak percaya bila orang yang berakal bisa kehilangan keceriaan, atau orang yang beriman bisa berputus asa dan kehilangan harapan. tapi… saya akhirnya menyadari….Terkadang, seseorang dikalahkan oleh hal-hal yang menekannya sehingga kehilangan ketenangannya. Mestinya….Dalam kondisi seperti ini, hendaknya seseorang berpegang teguh pada Allah agar Allah menolongnya dan mengeluarkannya dari kesulitan. hmmmm…..Sesungguhnya kepasrahan seseorang terhadap gelombang kesedihan merupakan awal dari kegagalan sebuah keinginan dan menjadikan setiap langkah atau karya penuh dengan kelemahan dan kekurangan.

Maka dari itu, Rasulullah saw mengajarkan kepada para sahabatnya untuk selalu meminta bantuan Allah guna menyelamatkan diri dari berbagai gangguan tersebut. Abu Said al-Khuidri menuturkan “suatu hari ketika masuk kedalam masjid Rasulullah menjumpai seorang laki-laki dari kaum Anshar yang bernama Abu Umamah.

Rasullah berkata kepadanya… “Wahai Abu Umamah, mengapa engkau duduk didalam masjid bukan dalam waktu shalat?”
Abu Umamah menjawab “Aku sedang dirundang kegelisahan karena banyak hutang, Wahai Rasulullah,”. Maka Beliau bersabda : “Maukah kuajarkan kepadamu kalimat yang jika engkau membacanya, maka Allah akan menghilangkan kegelisahanmu dan akan melunaskanb hiutang-hutangmu?”.
Dia menjawab : “Tentu ya Rasulullah”
Lalu beliau bersabda :”Ucapkan (tertulis dibawah) diwaktu pagi dan sore hari, doa ini”
Abu Umamah menceritakan .”Aku melakukan ajuran itu dan Allah menghilangkan kegelisahanku sarta melunaskan hutang-hutangku” (Amin Ya Rabbil Alamin… Sungguh Allah Maha Mengabulkan doa hambaNYA)

Rasululloh shallAllohu ‘alaihi wasallam memperbanyak do’a: “Ya Alloh, aku berlindung kepadaMu dari kegelisahan dan kesedihan, dari kelemahan dan kemalas-an, dari sifat pengecut dan bakhil serta dari tidak mampu membayar hutang dan dari penguasaan orang lain.” (HR. Al-Bukhari).

Dari Aisyah, Rasululloh shallAllohu ‘alaihi wasallam dalam shalatnya berdo’a: “Ya Alloh aku berlindung kepadaMu dari dosa dan hutang.”

Dikutip dari “La Tahzan For Smart Muslimah”

About these ads

Komentar ditutup.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.