Penjelasan Cadar

Sebenarnya apa si.. hukumnya mengenakan cadar?

Hmmm. Maaf dengan pengetahuan saya yang sangat terbatas, saya mencoba mengali beberapa sumber, kesimpulannya (maafkan saya Ya Allah, dengan keterbatasan saya, dan berilah saya pemahaman yang benar-sebenarnya.)

Begitulah kurang lebihnya… untuk lebih jelasnya, kesimpulan tadi saya kutip dari : muslimah.or.id

Yang dalam penyampaiannya pengasuh menjelaskan secara rinci pendapat-pendapat dari para Ulama.

Hukum Cadar:

Kesimpulan Antara 2 Pendapat

Ulama

Pertama, wanita menutup wajahnya bukanlah sesuatu yang aneh di zaman kenabian. Karena hal itu dilakukan oleh ummahatul mukminin (para istri Rasulullah) dan sebagian para wanita sahabat. Sehingga merupakan sesuatu yang disyariatkan dan keutamaan.

Kedua, membuka wajah juga dilakukan oleh sebagian sahabiah. Bahkan hingga akhir masa kehidupan Nabi shallallahu alaihin wa sallam, dan berlanjut pada perbuatan wanita-wanita pada zaman setelahnya.

Ketiga, seorang muslim tidak boleh merendahkan wanita yang menutup wajahnya dan tidak boleh menganggapnya berlebihan.

Keempat, dalil-dalil yang disebutkan para ulama yang mewajibkan cadar begitu kuat; menunjukkan kewajiban wanita untuk berhijab (menutupi diri dari laki-laki) dan berjilbab serta menutupi perhiasannya secara umum. Dalil-dalil yang disebutkan para ulama yang tidak mewajibkan cadar begitu kuat; menunjukkan bahwa wajah dan telapak tangan wanita bukan aurat yang harus ditutup.

 

 

Iklan

1 Komentar

  1. jengnad said

    knapa mbaa? habis nonton ayat ayat cinta yaa? hehe
    aku dateng niih mbaakk..hiks maaf yaa telat banget….

    Wah… Assalammualaikum.Warrahmatullahi Wabarakatu .. Jeng…
    Bahagia banget nih…, akhirnya dikau mau juga mampir disini.

    He he he…
    betul-betul ayat-ayat cinta memang menggugah, tapi gak se”seru” bukunya si… (kalau menurutku)
    kan kalo baca buku, bisa sambil “menghayal” dan “membikin cerita” sendiri… He he he

    Jazakillah ya…, semoga makin sukses aja dengan bunda in biznya….

RSS feed for comments on this post

Komentar ditutup.