Special Books for You

Saya pilihkan buku-buku yang memang seharusnya jadi bacaan kita. Sebagai orang tua.. memang kita harus terus-terusan belajar.

“CATATAN HATI BUNDA” by Asma Nadia

Ibu yang satu ini, Asma Nadia, sebagai seorang pengarang memang patut diacungi (banyak) jempol. Bahasa penulisannya yang sangat sederhana dan apa adanya, membuat saya selalu terpukau. Pun dalam buku yang satu ini.

Ada bagian-bagiannya yang bikin saya menangis, menyesali banyak sikapku karena ketidak tahuan menjadi kesalahan saya dalam mendidik anak-anakku. Ada bagian-bagiannya yang membuatku jadi tersenyum-senyum sendiri teringat akan polah tingkah putra-putriku yang hampir serupa. Ada bagian yang bikin saya makin bersemangat untuk terus memacu diri agar paling tidak bisa sebaik beliau dalam mendidik anak-anakku. Ada bagiannya yang bikin aku jadi bilang “OOOO jadi gitu ya caranya agar anak-anakku bisa……..”

Pls.. ini buku wajib yang sebaiknya kita baca.

Matahari Odi Bersinar Karena Maghfi   by Neno Warisman


Siapa yang tidak kenal dengan ibu yang luar biasa ini. Yang kiprahnya didunia anak-anak sudah begitu nyata. Dia yang berada dibalik “YAYASAN KITA DAN BUAH HATI”.

Dalam bukunya, ibu Neno (yang demikian menyentuh perasaanku…,) bikin aku tertawa, termangu, menangis juga merenung.. saya banyak menemukan banyak hal. Terutama bahwa.. Islam mengajarkan kita menjadi orang tua yang sangat kasih dan hanya bergantung padaNYA dalam mendidik anak-anak. Dan.. dari buku ini saya juga makin mendalami arti “JIWA IKHLAS” adalah kunci dari setiap langkah mendidik. Satu lagi, bahwa sebagai orang tua kita juga harus punya rencana dan “target” terhadap anak-anak.. (seperti halnya… umur berapa seorang anak, kita harapkan sudah paham tentang kewajiban dan mampu melaksanakan sholat) + aplikasinya dalam keseharian yang teramat sering masih jadi batu sandungan bagi sebagian orang tua.

Dengan cara penyampaian yang demikian apa adanya, ibu Neno menguraikan sebagian demi sebagian kehidupan beliau bersama putra-putrinya, saya jadi mudah mencerna isi buku ini. Wajar jika ini merupakan cetakan ulang, setelah berjeda beberapa tahun, karena  masih saja dicari-cari pembaca.

Hikmah yang mendalam untukku adalah bagaimana seorang Ibu Neno.., yang terlahir dari keluarga yang begitu Islami.. mampu menjadikan dirinya sebagai generasi yang lebih baik dari generasi sebelumnya. Beliau sangat bermanfaat untuk orang banyak.. bagaikan ibu bagai setiap orang.. Subhanallah… Saya saya bersyukur diberinNYA kesempatan untuk membaca buku ini.

Sahabat jangan lewatkan kesempatan ini…. baca ya.. baca..

“LIving With Dislexya” Lissa Weinstein, Ph. D.

Dapatkah dibayangkan seotang ibu yang punya keahlian dan bekecimpung dibidang pendidikan anak, ternyata tidak peka akan kondisi anaknya yang menyandang “Dislexya”. Siapa yang harus disalahkan? Bagaimana perjuangannya agar mampu mengatasi keinginan untuk “menenggelamkan” dan “meniadakan” diri dalam menghadapi situasi ini.

Sebuah buku yang akan membuat kita belajar… tentang bagaimana pentingnya “penerimaan tulus” orang tua terhadap anak-anaknya. Bagaimanapun mereka… tetap saja.. landasan kejujuran harus digunakan untuk membantu anak mengatasi kekurangannya, dan meraih masa depan yang jauh-jauh lebih baik.

Kita memang bukan malaikat yang begitu sempurna dan tak punya kesalahan.. tapi yang penting bagaimana mengakui kesalahan dan kita terus maju mengalahkan semua hal yang menyeret kita dalam kesalahan

Komentar ditutup.