Strawberry Quick

Ini tentang Narkoba jebis Methamphetamine, nama “pasar-an”nya Strawberry quick atau Strawberry meth. Ceritanya, kemarin saya menerima sebuah SMS dari sahabatku yang sangat aku sayangi… Isinya sbb:

<Forwarded From BNN>

Ass wr wb.

Ini info daru ortu Murid Sekolah Internasional Tunas Muda Kebun Jeruk. Ada Narkona jenis baru dengan nama Strawberry Quick atau Strawberry Meth. Waspadalah sudah beredar di lingkungan sekolah
NARKOBA berbentuk bulat, mirip dengan permen POP ROCK rasa Strawbery (kalau kita kemut bisa berdesis di dalam mulut). Aromanya persis seperti Strawbery dan saat ini sudah beredar bebas di lingkungan sekolah.

Anak2 berpikir bahwa barang tersebut adalah PERMEN (gula-gula), berhati-hatilah karana permen ini dapat menyebabkan kondisi sang anak bisa masuk RS dan ketagihan.Selain rasa diatas dapat juga dalam rasa Coklat, kacang, Cola, chery, anggur dan rasa jeruk.Peringatkan anak kita untuk tidak menerima Permen Jenis ini dari orang-2 yang tidak kita kenal, meskipun dari teman mereka atau dari siapapun.

Tolong info ini disebarkan ke orang tua yang lain. wss wr wb

SMS yang sebetulnya tidak terlalu mengejutkan.

Kenapa????

Beberapa kali sebuah stasiun TV swasta.., telah memutar sebuah penjelasan tentang Methamphetamine, yaitu pengenalan zat ini, bagaimana reaksinya terhadap tubuh manusia (yang konon (katanya) dapat bekerja lebih cepat dan lebih “kejam” dibandingkan dengan narkoba-narkoba pendahulunya. ini diperkuat dengan penayangan wajah korban sebelum dan sesudah mengkonsumsinya)

Jadi… berdasarkan tayangan saya sampaikan sbb :

Apa Methamphetamine itu?

Methamphetamine sesungguhnya adalah turunan obat yang disebut Amphetamine. Obat ini sudah digunakan sejak dulu dan dikenal sebagai “obat kurus”, namun tentu saja dalam rentang dosis yang aman. Obat ini mudah didapat, dan murah harganya.

Pernahkah anda mendengar obat Activan? Activan adalah salah satu merek dagang dari Amphetamine. Methamphetamine memiliki efek yang lebih kuat dibandingkan dengan Amphetamine.

Methamphetamine adalah obat stimulant yang dapat menimbulkan efek ketergantungan, obat ini mengaktifasi sistem tertentu dari saraf pusat terutama pada pusat emosi dengan meningkatkan produksi dopamine-serotonin sehingga memberikan efek eksitasi pada mood dan gerakan tubuh. Penggunaan dosis tertentu dan terus menerus dapat menyebabkan kerusakan pada ujung neuronal saraf sehingga menimbulkan keterlambatan respon motorik, sensorik, dan tentunya cognitive dalam hal ini melibatkan memori.

Dengan dosis yang sangat kecil hanya 0,5 mg saja Methamphetamine dapat meningkatkan kewaspadaan, tidak tidur, menurunkan nafsu makan, meningkatakan detak jantung, meningkatkan tekanan darah, melebarkan pembuluh darah, dan meningkatkan suhu.

Efek samping adiksi dapat berupa iritabilitas, cemas, insomnia, disorientasi, tremor, kejang, gangguan jantung, dan kematian. Efek jangka panjang berupa paranoid, aggressive, anoreksia, gangguan memori, halusinasi penglihatan dan pendengaran, delusi, dan gangguan gigi yang parah.

Bagaimana Methamphetamine digunakan?

Methamphetamine digunakan tidak saja melalui jalur oral, namun dapat juga dengan cara inhalasi, ataupun suntik. Keadaan ini dapat meningkatkan resiko penularan penyakit “hantu” seperti HIV, Hepatitis B dan C.

Amankah kita dari Methamphetamine?

Methamphetamine sering digunakan sebagai campuran senyawa kimia pada berbagai larutan. Beberapa senyawa berikut mengandung Methamphetamine : larutan alkali, ether pada desinfektan, iodine, minyak rem, gas korek api, lithium metal, dan ammonia anhidrat. Sedangkan beberapa obat yang mengandung Methamphetamine diantaranya Ephedrine yang sering dipakai sebagai obat batuk dan obat-obat flu.

Hal yang perlu diwaspadai?

Karena obat ini sangat mudah didapat dan murah harganya, penggunaan Methamphetamine diseluruh dunia kini sudah menjadi endemi. Tingkat kejahatan diseluruh duniapun meningkat seiring dengan peningkatan penggunaan Methamphetamine.

Dari data di USA tahun 2005 didapatkan pengguna Meth meningkat dikalangan anak usia 14-16 th.

Beberapa kondisi awal yang patut dicurigai :

penurunan nafsu makan, sulit tidur, tremor diikuti keluhan gatal-gatal, mudah marah, penurunan prestasi sekolah, lupa, senang menyendiri, menjadi sangat riang, dan gangguan atau kesulitan konsentrasi.

Penggunaan obat ini selama 1 tahun saja… sangat luar biasa akibatnya… dari seorang anak perempuan yang rupawan berusia belasan tahun menjadi wajah seorang wanita berusia 40 tahun dengan banyak luka garukan serta gigi yang tanggal. Karena kerusakan dan efek samping yang ditimbulkan oleh Methamphetamine sangat serius dan yang menjadi persoalan adalah betapa  mudahnya obat ini  didapat, dengan harga yang relatif terjangkau. (mengharu birukan saya, ketika terbaca.. disebuah situs, pengakuan dari seseorang tentang kalangan mahasiswa banyak yang mengkonsumsi obat ini ketika saat-saat ujian untuk mengkuatkan stamina dan kecerdasan….)

Yang lebih “menarik” lagi untuk saya adalah sebuah situs yang menyunting berita dari BNN sendiri tentang hal ini.. dikatakan bahwa BNN (Badan Narkoba Nasional) justru “belum mendengar” tentang hal ini.

Heh…

Terlepas berita ini benar atau tidak… terlepas apakah ini adalah HOAX.. sebagaimana yang juga dilansir dinegara asalnya (Amerika) mestinya… berita ini “mendapat perhatian”. Penyuluhan kesekolah-sekolah kepada murid-murid juga perangkat sekolah, pengawasan terhadap penjaja makanan di sekolah ataupun diluar pagar sekolah, mengajak orang tua untuk makin memperhatikan keadaan putra-putrinya. Dan BNN sebagai satu-satunya Badan Narkotika dinegara kita tercinta ini… semestinya makin giat (hmmm saya tahu… sudah banyak kinerja BNN yang tercatat… tapi… kalau boleh ayoooo doooonnng meningkat lagi….) jangan menina bobokan masyarakat… dengan menganggap “musuh masih jauh diseberang lautan”.

Iklan

Komentar ditutup.