Ah… She’s understand…

Sebagai orang tua… kadang kala… ada pertanyaan-pertanyaan yang timbul.. terutama tentang.. sebetulnya bagaimana sih… anakku?… Apakah ia telah cukup dewasa? Apakah ia telah cukup paham ilmu yang dipelajarinya….??? Is She understand ????

Ini adalah sebuah kejdian menarik yang membuatku terenyuh.. dan merasa bersyukur…

Suatu ketika… ketika saya sedang berkumpul dalam keluarga beeeessssaaaarrrrr… Kami berencana untuk mengadakan kegiatan keluarga bersama-sama. Hmmm kebayang???? Hebooh… Begitu banyak manusia yang “sliweran” dan “berdandan” dengan stylenya masing-masing…

Saat itu.. saya sudah “merapihkan” keluargaku… Saya duduk.. menikmati.. indahnya.. aroma keluarga.. Tiba-tiba.. saya menyadari satu hal… wah.. I’am too much… satu-satunya bagian dari begitu banyak anggota keluarga hanya saya yang mengenakan gamis… berjilbab panjang dan bercadar.. padahal saat itu udara lumayan panas.. beberapa dari kami mengenakan tank-top.. para sesepuhpun… tidak semuanya mengenakan kerudung… anakku.. alhamdulillah… berkerudung dan berbaju tertutup.

Ada sebuah bagian dalam diri ini yang tiba-tiba jadi “berbeda”.. maklum sejak kehadiranku di suasana ini.. memang sudah diawali dengan pandangan curiga… Dan.. sekarang.. Saya jadi teringat… reaksi suami dan anak-anakku ketika aku mulai pakai cadar…. saya berharap.. situasi ini tidak cukup kuat menggoyahkan jembatan pengertian yang sudah tersambung beberapa bulan ini diantara kami… tapi… saya tidak dapat menahan diri ini untuk melakukan “penyelidikan”

Pelan aku gamit… putri sulungku… Nak.. apa pendapatmu… apakah ibu sebaiknya melepaskan cadar ibu dalam acara ini… Kenapa??? Ah… ibu hanya merasa tidak nyaman… diantara begitu banyak yang masih berbusana “ala kadarnya”… ibu jadi “menyolok” sendiri… Subhanallah… wajahnya langsung berubah… melihat padaku dengan tatapan aneh… Ibu???? Apakah ibu tidak berdosa jika melakukannya….Subhanallah Alhamdulillah….

Sekali lagi saya bersyukur… sekali lagi saya terharu… Ya Allah… YOU give me a little angel to be my daughter… “uji coba” ini membuatku merasa tenang… sangat tenang… bahwa hingga detik itu… ia telah menjadi putri muslimah yang luar biasa… Ya Allah… bimbinglah terus… putriku dalam CahayaMU.. untuk selalu berjalan diatas jalanMU… jalan yang dipenuhi dengan Rahmat dan RidhoMU Amin… Hingga kapanpun ia kau ijinkan “menghadapMU”… ijinkan ia lakukan dengan “Khusnul Khatimah”.

1 Komentar

  1. emma said

    Alhamdulillah..semoga putrimu istiqomah diiringi doa bunda tercinta..amiin..

    Amin Ya Rabbil Alamin… Ya Ukhtiifillah.. semoga demikian juga denganmu.. anak-anak akan menjadi pembuka pintu surgamu… Amin

RSS feed for comments on this post

Komentar ditutup.